Ini Para Juara LCC GKS Competition 2014!

C360_2014-09-10-08-35-48-088Rabu siang (10/9), telah dilaksanakan Final Lomba Cerdas Cermat (LCC) GKS Competition. Panitia memulai lomba usai jalan sehat. Sebelum final hari ini telah diadakan seleksi untuk seluruh kelas di SMAN 1 Jepara. Hasilnya, 3 tim dengan jumlah nilai tertinggi tampil sebagai finalis. Tema LCC kali ini adalah Pendidikan Pancasila dan 4 Pilar Negara. Semua materi dan pertanyaannya berhubungan dengan pendidikan kewarganegaraan.

Tiga buah meja telah disiapkan di panggung untuk ketiga grup. Setiap grup terdiri dari 3 orang yang memiliki peran masing-masing. Grup A berasal dari kelas 12 IPS 4, Grup B dari kelas 10 IS1 dan Grup C dari 12 IPA3. Lomba dipandu oleh pembawa acara dengan juri yang merupakan guru SMAN 1 Jepara. Masing-masing juri yaitu Puji Rahayu, Inayah Mu’tamaryati dan Bambang Sukrohadi serta pembawa acara oleh Maria Yekiana.

LCC pun dimulai, seluruh finalis siap mendengarkan soal yang dibacakan. Babak pertama adalah babak soal tematik, di babak ini tiap grup akan mendapat dua pertanyaan yang tiap nilainya 1-25.

Kelas 12 IPS4 mendapat giliran pertama. Dua pertanyaan dilontarkan oleh host. Dengan sigap, mereka langsung menjawabnya. Tanpa ragu, Grup A sukses mendapat nilai sempurna, 50, untuk 2 pertanyaan. Selanjutnya adalah Grup B. Mereka juga menjawab 2 pertanyaan dengan serius seperti grup sebelumnya. Grup C mendapat giliran terakhir dan 2 pertanyaan berhasil mendapat nilai sempurna juga. Di babak ini ketiga grup mendapat nilai yang sama.

Babak kedua adalah babak “Benar Salah”. Ketiga grup cukup menjawab 10 pertanyaan dengan benar atau salah. Masing-masing pertanyaan bernilai sepuluh. Di babak kali ini, Grup A, Grup B dan Grup C menjawab dengan lancar. Tak tanggung-tanggung, ketiga grup mendapat nilai sempurna yaitu 100. Dengan begitu, jumlah nilai sementara ketiga grup tetap sama.

Babak rebutan menjadi babak penentu siapa yang mendapat juara satu, dua, dan tiga. Aturannya, setiap grup dapat saling berebut menjawab soal dengan memencet bel. Jika salah, nilai dikurangi 5.

Ketiga grup mulai tegang, tampaknya mereka sangat hafal dengan materi yang dipelajari. Buktinya, soal belum selesai dibacakan, mereka sudah berebut memencet bel masing-masing. Pertanyaan pun habis dan yang memenangkan babak ketiga adalah kelas 12 IS4. Hasil lengkap nilainya adalah  220 untuk Grup A, 170 untuk Grup B dan 200 untuk Grup C.

Dengan demikian, peraih Juara 1 adalah kelas 12 IS4, Juara 2 diraih 12 IPA3 dan Juara 3 kelas 10 IS1. (LOV)

Ini Para Juara LCC GKS Competition 2014!
Scroll to top