Kenali Sosok Kartini Lebih Dalam, Smansara Gelar Sarasehan

Djoko Widijanto menyampaikan materi sarasehan pada Selasa (21/04) lalu di ruang multimedia.
Djoko Widijanto menyampaikan materi Sarasehan pada Selasa (21/4) lalu di ruang Multimedia SMA Negeri 1 Jepara.

Pada Selasa (21/4) lalu, SMAN 1 Jepara menggelar peringatan Hari Kartini dengan berbagai acara. Salah satunya ialah, Sarasehan yang diadakan di ruang Multimedia.

Acara tersebut dihadiri oleh Djoko Widijanto, alumni Smansara, sebagai narasumber. Ia juga menerbitkan buku berjudul Pemberontakan di Atas Kertas yang mengulas tentang sosok Kartini beserta buah pikirannya yang tertuang dalam surat-surat yang Kartini kirim.

Sarasehan ini dimulai sekitar pukul 10.00 WIB dan dihadiri oleh siswa perwakilan kelas X dan XI.

Mengangkat tema Melangkah Cerdas ala Kartini, Djoko Widijanto dengan lugas menyampaikan bagaimana kepekaan Kartini terhadap kaumnya yang tertindas. Ia juga menyampaikan bagaimana kesederhanaan Kartini meski terlahir dari keluarga bangsawan.

Sosok Kartini sebagai wanita yang sensitif terhadap sekitarnya, rendah hati, namun juga cerdas, merupakan gambaran yang patut ditiru. Djoko juga menambahkan agar para generasi penerus tetap mampu menjaga kobaran semangat Kartini dan tidak terjajah secara modern melalui seks bebas, eksploitasi perempuan, dan lain sebagainya.

Antusiasme terlihat dari para peserta yang tidak sungkan bertanya kepada Djoko. Alumni tahun 2001 tersebut juga mengapresiasi atas keikutsertaan siswa Smansara dalam mengenal sosok Kartini melalui sarasehan tersebut. (Nar)

Kenali Sosok Kartini Lebih Dalam, Smansara Gelar Sarasehan
Scroll to top