Peringati Hari Pers, PWI Jepara Selenggarakan Pelatihan Dasar

Dalam rangka Hari Pers Nasional,PWI Kabupaten Jepara, mengadakan pelatihan Jurnalistik Dasar dengan tema “Berita Bersih tanpa Sampah” pada Sabtu, 24 Februari 2018 di Gedung Serbaguna Setda Jepara.

Acara ini dihadiri oleh 50 pelajar dari SMA/SMK sederajat yang telah dipilih oleh panitia.
Acara ini dimulai oleh sambutan Budi Santoso selaku Ketua PWI Kabupaten Jepara, beliau mengatakan bahwa acara ini digelar dalam rangka memperingati Hari Pers Nasional yang didedikasikan kepada para pelajar.

Setelah Budi Santoso memberikan sambutannya, acara selanjutnya adalah pembukaan dan pembacaan sambutan Bupati Jepara yang diwakili oleh bapak Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika, Yoso Suwarno.

Kegiatan selanjutnya adalah memberian materi-materi. Ada beberapa materi yang diberikan, salasatunya adalah materi pembuatan berita oleh Madune Sanome dari surat kabar Merdeka, Teknik pengambilan gambar atau vidio untuk diolah menjadi berita TV oleh Alip Sutarto dari MNC Grup, Materi tentang berita hoax oleh Whika Setiawan dari DETIK.com, Robhi Shani dari MetroTV dan Padang Pranoto dari surat kabar Muria Kudus.

Pelatihan Jurnalistik Dasar yang diselenggarakan PWI Kabupaten Jepara 2018
Pelatihan Jurnalistik Dasar yang diselenggarakan PWI Kabupaten Jepara 2018

Sesuai dengan susunan acara, setelah ISOMA diadakan Hunting Berita. Dalam kegiatan ini para peserta dibagi menjadi tiga kelompok yang mencari berita di tiga tempat berbeda, kelompok satu berkesempatan mewawancarai Account Representative KPP Jepara, kelompok dua membuat berita seputar kamar pingitan Kartini dan kelompok tiga membuat berita seputar Musium Kartini. Dilanjutkan dengan evaluasi bersama hasil pencarian berita para peserta sebelum acara diakhiri dengan penutupan dan sesi foto bersama. (RR/APD/RAF)

Peringati Hari Pers, PWI Jepara Selenggarakan Pelatihan Dasar
Scroll to top