Jelajahi Monumen Bersejarah di Jepara

Pelajar SMAN 1 Jepara menjelajahi Masjid Mantingan
Pelajar SMAN 1 Jepara menjelajahi masjid dan makam Mantingan

Dibalik Jepara yang tersohor akan ukirannya ternyata di dalamnya terdapat beberapa monumen peninggalan sejarah yang bisa dikunjungi dan digali sejarahnya. Sejarah merupakan salah satu mata pelajaran yang diajarkan di sekolah, yang biasanya pembajalaran secara tekstual, kini SMAN 1 Jepara mengadakan pembelajaran yang langsung terjun ke lapangan seperti dilaksanakannya kegiatan menjelajahi monumen bersejarah di Jepara, kegiatan tersebut atas gagasan dari Puji Rahayu sebagai pengampu mata pelajaran sejarah. Pihak sekolah sangat mengapresiasi hal tersebut hal ini ditunjukkan melalui disediakannya sarana transportasi berupa tiga buah angkutan kota setiap kelasnya. Kegiatan ini diperuntukkan bagi pelajar kelas XII IPS dimana setiap kelasnya memiliki tujuan jelajah monumen bersejarah yang berbeda.

“Saya mengajak kalian ke tempat bersejarahkan ini untuk menambah wawasan kalian dan sebagai wujud nyata pelajar mencintai negeri ini,” ujar Puji Rahayu.

Peserta jelajah diberi tugas untuk membuat laporan dan membuat video tentang monumen yang dikunjungi. Dalam pelaksanaannya guru yang mendampingi menjelaskan sejarah tentang tempat yang dikunjungi.
Kelas yang mendapat giliran pertama yaitu kelas XII IPS 4 yang menjelajahi Benteng VOC, Masjid dan makam Mantingan pada (16/12), kegiatan ini selain sebagai pemenuhan tugas juga dijadikan pelajar sebagai media refreshing setelah mengikuti penilaian akhir semester (PAS) . Peserta membawa alat tulis dan kamera sebagai media pendokumentasian. Monumen yang dikunjungi pertamakali adalah Benteng VOC dan dilanjutkan menuju monumen bersejarah di Mantingan. (SAL)

Jelajahi Monumen Bersejarah di Jepara
Scroll to top