Workshop KTI Dikemas Berbeda Pada Tahun Ini

Ekstrakurikuler Karya Tulis Ilmiah (KTI) atau yang biasa disebut Karya Ilmiah Remaja (KIR) SMAN 1 Jepara mengadakan workshop bersama Sagasitas dari Yogyakarta pada hari Sabtu (4/11/2017). Workshop tahun ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, karena pada tahun ini workshop tersebut dilaksanakan di Yogyakarta. Workshop ini diadakan dalam rangka untuk menambah wawasan anggota KIR tentang dunia penelitian.

29 anggota ekstrakurikuler Karya Tulis Ilmiah (KTI) beserta 4 pembina berangkat dari SMAN 1 Jepara pukul 05.30. Sampai di Yogyakarta, para anggota Sagasitas menyambut dengan antusias. Acara inti diawali dengan perkenalan anggota Sagasitas Yogyakarta dan Finalis OPSI 2017. Kemudian dilanjutkan dengan menyanyikan Mars OPSI (Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia) dan Mars FIKSI (Festival Inovasi Kewirausahaan Siswa Indonesia) bersama-sama. Saat perkenalan, mereka juga berbagi pengalaman saat mereka mendapat penghargaan di OPSI. Mereka juga banyak memberi motivasi kepada anggota KIR Smansara untuk terus berkarya.

Acara dilanjutkan dengan bagaimana seorang peneliti mencari ide penelitian. Sagasitas menerangkan secara terperinci tentang usaha pencarian ide-ide penelitian terutama di lingkungan sekitar.

Acara terus berlanjut sambil diselingi ishoma. 2 Finalis OPSI yaitu Mirna Theresia dan Hanif Ash Shiddiq juga sempat menjelaskan tentang hal-hal yang berhubungan dengan teknologi. Di akhir acara,

Para peserta menyimak penjelasan tentang teknologi dengan antusias

Para peserta menyimak penjelasan tentang teknologi dengan antusias

para anggota Sagasitas juga menjelaskan tentang FIKSI. Acara ditutup dengan sambutan oleh tuan rumah, Zaenal Abidin perwakilan dari mentor Sagasitas, serta Puji Rahayu perwakilan dari SMAN 1 Jepara sekaligus pembina KTI Smansara. Sebelum kembali ke Jepara, diadakan foto bersama para anggota KIR Smansara beserta pembina, para mentor Sagasitas, dan para finalis OPSI 2017.

“Saling berinteraksi dan menjalin hubungan untuk mewujudkan Indonesia yang lebih maju,” tutur Zaenal Abidin salah satu mentor dari Sagasitas. (DAY)

Author: Redaksi

Pers SmansaraDotCom

Share This Post On