Filosofi Berenang Buka WJO

Madune Sanomae sebagai Narasumber WJO

Madune Sanomae sebagai Narasumber WJO

Ekstrakulikuler smansara.com melaksanakan workshop jurnalistik online dengan tema “Get the Truth and Publish” pada hari Minggu (26/11) dengan Muhammadun Sanomae sebagai narasumber.

Acara dibuka oleh pembacaan doa oleh pembawa acara dan dilanjutkan dengan sambutan Udik Agus Dwi Wahyudi selaku kepala sekolah SMAN 1 Jepara. Dalam sambutannya, ia memotivasi para peserta dengan filosofi berenang, “renang itu nyemplung dulu, baru obah”. Selain itu ia juga memuji ekstrakulikuler jurnalistik online yang disebut jembatan antara sekolah dengan para alumni.

Kemudian, Dinara Alya Yuditha sebagai ketua panitia Workshop tahun ini menyampaikan sambutannya. Dinara mengungkapkan tujuan diadakan workshop jurnalistik online ini untuk melatih keterampilan anggota, khususnya anggota baru dari kelas 10 dalam penulisan berita.

Perkembangan media online dan berita hoaks menjadi materi yang dipilih Madune Sanome. Dalam penyampaian materi perkembangan media online, ia  mengatakan bahwa masyarakat sekarang menyukai segala sesuatu yang cepat, murah mudah, dan semua itu bisa didapatkan lewat media online yang telah didukung teknologi.

Kemudian ia membahas tentang hoaks yang sekarang menyebar dengan cepat. Masalah utamanya masyarakat pengguna media sosial, lebih mudah percaya dengan berita yang menyebar tanpa mencari tahu kebenarannya. Seharusnya, kita sebagai masyarakat, kritis terhadap informasi dan mencari tahu terlebih dahulu kebenarannya.

Selain memberi materi, ia juga memberi saran dan merevisi hasil berita yang baru di buat oleh peserta.(RR)

Author: Redaksi

Pers SmansaraDotCom

Share This Post On