YSC III: Wujudkan Generasi Aktif dan Kreatif

Lomba pionering di Aula SMAN 1 Jepara
Lomba pionering di Aula SMAN 1 Jepara

Kegiatan kepramukaan kembali dilaksanakan di SMAN 1 Jepara. Kegiatan kepramukaan ini adalah Yuda Scout Competition atau YSC yaitu lomba kepramukaan dengan peserta dari golongan penggalang. YSC diadakan setiap dua tahun sekali. YSC tahun ini merupakan YSC ke-3 yang telah diadakan oleh ekstrakurikuler Bantara. Kegiatan ini dilaksanakan di SMAN 1 Jepara pada hari Minggu (12/2/2017).

Tema yang diambil panitia untuk YSC kali ini adalah “Mewujudkan Generasi Aktif dan Kreatif”. Peserta yang mengikuti perlombaan ini berjumlah 13 sekolah. Sekolah yang mengikuti antara lain, MTs Sultan Hadirin, MTs Tsamrotul Huda, SMPN 1 Pecangaan, SMPN 2 Batealit, SMPN 1 Mlonggo, SMPN 1 Kedung, SMPN 2 Jepara, SMP Islam Asy Syafi Iyah, SMPN 1 Pakis Aji, SMPN 2 Nalumsari, SMPN 4 Jepara, SMPN 3 Jepara, dan MTs Matholibul Huda.

Satu sekolah mengirimkan 8 perwakilannya, 3 perwakilan putri untuk asah terampil dan 5 perwakilan putra untuk pionering. Untuk asah terampil terdapat dua babak. Babak pertama adalah babak penyisihan dimana peserta mengerjakan 100 soal dengan waktu 1 jam. Babak kedua adalah final dimana terdapat 15 soal wajib, 10 soal lemparan, 1 soal praktek, dan 15 soal rebutan. Sedangkan untuk pionering, peserta diberi waktu 3 jam untuk membuat gapura atau semacamnya yang dapat menghias daerah tenda.

Di akhir acara, panitia mengadakan apel penutup dan pengumuman pemenang lomba. Untuk asah terampil juara 1 adalah SMPN 2 Jepara, juara 2 SMPN 1 Kedung, dan juara 3 SMPN 1 Mlonggo. Untuk Pionering juara 1 adalah SMPN 1 Pakis Aji, juara 2 SMPN 1 Kedung, dan juara 3 MTs Matholibul Huda. Untuk pionering sendiri ada beberapa aspek yang dinilai oleh juri antara lain, kekuatan, simpul, dan estetika.

Persiapan oleh panitia telah dilakukan selama dua setengah bulan agar kegiatan ini dapat berjalan sesuai rencana. Mulai dari pembentukan panitia hingga pelaksanaan kegiatan ini, hambatan yang dialami panitia tidak terlalu mengganggu dikarenakan kerja sama yang mereka jalin sangat kuat.

“Kesannya memuasakan, melatih kerjasama yang bisa membangun rasa kekeluargaan, seru juga karena semua panitia bekerja maksimal. Harapannya bisa jaga hubungan seperti ini, selalu kerja maksimal untuk semua event, jangan saling menyalahkan dan selalu percaya satu sama lain, ” ucap Akhyarul Umamin selaku salah satu panitia YSC.(REA)

YSC III: Wujudkan Generasi Aktif dan Kreatif
Scroll to top