Seminar Nasional Perpustakaan Galakkan Gerakan Membaca

Teuku Syamsul Bahri saat sesi tanya jawab
Teuku Syamsul Bahri saat sesi tanya jawab

SMAN 1 Jepara mengirim dua perwakilannya, Wanda Almira Nuha dan Nadia Fara Salsabila untuk mengikuti Seminar Nasional Perpustakaan pada Kamis (27/10/2016) di Pendopo Kabupaten Jepara.

Seminar yang mengusung tema “Peran Strategis Perpustakaan Dalam Pembangunan dan Partisipasi Stake Holder Dalam Pembangunan Perpustakaan” dihadiri oleh peserta dari berbagai instansi perpustakaan di Kabupaten Jepara maupun luar Jepara, baik itu Perpustakaan Daerah (Perpusda) ataupun Perpustakaan Desa (Pepusdes).

Seminar ini dipandu oleh dua orang panelis, pertama Teuku Syamsul Bahri selaku Pustakawan Utama di Perpustakaan Nasional Republik Indonesia yang hadir untuk mewakili Kepala Perpusnas Republik Indonesia yaitu Drs. Muhammad Syarif Bando. Panelis kedua, dr. Erlyn Sulistyaningsih yang menjabat sebagai Direktur Program PerpuSeru Coca-Cola Foundation Indonesia (CCFI).

PerpuSeru sendiri merupakan program pengembangan perpustakaan yang di dukung oleh CCFI dan Bill & Melinda Gates Foundation. Program ini bertujuan untuk menjadikan perpustakaan sebagai pusat belajar dan berkegiatan masyarakat berbasis Teknologi, Informasi, dan Komputer (TIK) agar dapat memberikan dampak pada kualitas hidup masyarakat.

Menurut Erlyn, kemampuan literasi mahasiswa lulusan universitas di Indonesia masih rendah. Maka dari itu sasaran program ini ditujukan pada anak-anak, pemuda, pengusaha mikro, dan para perempuan agar kemampuan literasi masyarakat meningkat.

“Perpustakaan itu tidak hanya untuk para pelajar, namun juga untuk ibu rumah tangga, para petani, dan para pengusaha mikro supaya mereka juga bisa ikut bergaya di zaman sekarang,” tutur Erlyn Sulistyaningsih.

Mereka berharap agar perpustakaan tidak hanya sekedar tempat untuk meminjam dan membaca buku saja, tetapi sebagai pusat pengetahuan untuk pembelajaran di masyarakat dengan teknologi informatika yang relevan dan dapat meningkatkan fungsi layanan perpustakaan di masyarakat. Ayo ke perpustakaan! (WAN/NFS)

Seminar Nasional Perpustakaan Galakkan Gerakan Membaca
Scroll to top