Attack on Titan: Kebangkitan Umat Manusia untuk Melawan Raksasa

Cover volume pertama dari komik Attack on Titan.

Cover volume pertama dari komik Attack on Titan.

Attack on Titan atau dalam versi Jepangnya berjudul Shingeki no Kyojin, merupakan komik buatan Isayama Hajime yang terbit di bawah naungan Kodansha. Mulai terbit sejak tahun 2009 hingga sekarang, komik ini berhasil menyabet Kodansha Manga Awards sebagai Best Shounen Manga pada tahun 2011.

Cerita dilatari dengan umat manusia yang tinggal di dalam dinding setinggi lima puluh meter untuk berlindung dari terkaman titan (raksasa yang menyerupai manusia dan memiliki tinggi minimal tiga meter). Namun suatu ketika, muncul sosok raksasa setinggi enam puluh meter yang membuat dinding berlubang dengan cara menendangnya sehingga membuat raksasa-raksasa lain dapat masuk ke pemukiman dan memangsa manusia.

Keadaan yang kacau tersebut membuat Eren Yeager, Mikasa Ackerman, serta Armin Arlelt, tiga serangkai yang berteman sejak kecil, panik dan berusaha mencari keluarga mereka. Akan tetapi, nasib malang menimpa Carla Yeager, ibu kandung dari Eren, yang berakhir naas sebab dimakan oleh raksasa. Menyaksikan kematian sang bunda dengan mata kepala sendiri ternyata membuat rasa dendam kepada para raksasa berkobar dalam hati saudara angkat dari Mikasa Ackerman, Eren Yeager tersebut.

Ketiganya lantas bergabung ke dalam pasukan militer sebagai angkatan ke 104. Dari sana lah dimulai petualangan Eren serta kawan-kawan untuk menumpas titan dan mengungkap kebenaran tentangumat manusia yang mulai punah itu.

Komik yang bergenre misteri, tragedi, psikologis, thriller, serta supranatural ini memiliki plot yang kompleks dan penuh kejutan. Misalnya ketika Eren termangsa oleh titan karena menyelamatkan Armin, ternyata membuat kekuatan terpendam dari pemuda itu muncul. Yaitu, Eren Yeager dapat berubah menjadi titan dan berperan besar dalam penumpasan raksasa di Distrik Trost.

Namun, cerita tidak berakhir begitu saja. Kenyataan bahwa Eren dapat berubah menjadi titan membuat pihak kepolisian mencurigainya. Ia terpaksa ditahan dalam penjara bawah tanah sebelum diadili. Lalu ia bertemu dengan Levi, seorang Kopral yang dengan berani menendangnya agar keputusan pengadilan memutuskan bahwa pengawasannya jatuh ke tangan Erwin Smith, komandan dari Survey Corps.

Bergabungnya Eren ke dalam Survey Corps atau Pasukan Pengintai ini menjadi tonggak kebangkitan umat manusia. Ditambah lagi, dua sahabat karibnya, Mikasa Ackerman yang dikenal sebagai salah satu Humanity’s Strongest Soldiers dan Armin Arlelt sang jenius juga memilih bergabung ke dalam Pasukan Pengintai, diikuti oleh kawan-kawan lainnya dari angkatan 104.

Selain karena ia dapat menjadi obyek penelitian seorang ilmuan bernama Hanji Zoe yang tergabung dalam Survey Corps untuk mengungkap fakta tentang titan, Erwin juga memanfaatkan kehadiran Eren dalam rencana ekspedisinya.

Perlahan-lahan, dengan rencana brilian Erwin, kekuatan Eren, serta dibantu oleh pasukan pengintai yang lain, umat manusia mulai mendapat sedikit demi sedikit potongan puzzle mengenai kebenaran yang disembunyikan oleh para pendahulu. Meski harus mengorbankan banyak nyawa, Pasukan Pengintai dapat menyingkap tabir di balik “Sang Koordinat” dan menemukan titik terang dari rahasia-rahasia yang semula terasa kabur.

Banyak “kejutan” yang terdapat dalam Attack on Titan ini. Selain menggambarkan suasana suspense yang menegangkan pembaca, perasaan frustrasi dan kesedihan juga terasa dengan jelas. Belum lagi, Isayama tidak tanggung-tanggung dalam memberikan unsur tragedi melalui kematian kadet-kadet angkatan 104.

Alur dalam komik ini juga sukar ditebak. Emosi pembaca akan diguncang dengan suasana cerita yang dapat berubah drastis. Walaupun di awal artwork komik ini tidak terlalu bagus, perkembangan style gambar dan plotnya patut diacungi jempol.

Komik yang telah terjual lebih dari enam puluh juta copy dan terkenal hingga penjuru dunia ini telah diadaptasikan menjadi anime pada tahun 2013 sebanyak dua puluh lima episode, serta difilmkan dengan perubahan pada plotnya. Di Indonesia sendiri, Attack on Titan telah diterbitkan oleh Level Comics. Kabarnya, komik ini akan mendapatkan adaptasi animasi season keduanya pada tahun 2017 nanti.

So, siap ikuti keseruan Attack on Titan ini? 😉 (Nar)

Glosarium:
Manga: Sebutan untuk komik Jepang.
Shounen: Kategori komik yang ditujukan untuk remaja laki-laki.
Anime: Animasi khas Jepang.

Author: Redaksi

Pers SmansaraDotCom

Share This Post On