Diam, Tertawa, Dan Menangis di PTA

Para peserta kelas 10 sedang melakukan kegiatan pemberian materi pendidikan kepramukaan oleh pembina pramuka SMAN 1 Jepara di hutan karet, Dermayu, Keling.
Para peserta kelas 10 sedang menjalani kegiatan pemberian materi pendidikan kepramukaan oleh pembina pramuka SMAN 1 Jepara di hutan karet, Dermayu, Keling.

PTA (Penerimaan Tamu Ambalan), PTAB (Penerimaan Tamu Ambalan Baru) dan PAB (Penerimaan Anggota Baru) SMAN 1 Jepara telah dilaksanakan dengan persami dan dimulai pada hari Sabtu (17/10).

PTA yang dilaksanakan di Desa Dermayu, Kecamatan Keling ini diikuti lebih dari 600 orang yang terdiri dari peserta, panitia, guru dan tenaga kependidikan.

Para peserta melaksanakan upacara pembukaan di Lapangan Utama SMAN 1 Jepara dan sebagai peresmian dibukanya kegiatan ini dengan penyematan tanda peserta oleh Sheila Puspita Dewi dari kelas X MIPA 4 sebagai perwakilan peserta putri dan Syahril Muhammad Yusuf dari kelas X MIPA 3 sebagai perwakilan peserta putra.

Para peserta memulai perjalanan dengan mengendarai truk yang telah disiapkan oleh pihak sekolah sebanyak 13 truk yang diisi 3-4 sangga. Para peserta mulai berangkat pada pukul 08.00 WIB.

Para peserta yang didampingi beberapa panitia di tiap truk ini banyak yang merasa pusing atau sesak, tetapi ada juga yang tetap senang menikmati pemandangan. Hal ini dikarenakan banyak dari mereka yang mengaku baru pertama kali naik truk dan ada juga yang merasa truknya terlalu sempit.

Banyak yang merasa senang ketika mulai memasuki wilayah Bangsri karena  jalan yang berliku-liku membuat mereka goyah, bahkan sampai hampir terjatuh dalam truk tersebut. Namun, akhirnya mereka menertawakan kekonyolan yang mereka alami di sepanjang perjalanan.

Para peserta sampai di tempat perkemahan yang berupa lapangan luas yang dikelilingi dengan hutan karet dan sudah berdiri banyak tenda. Mereka mulai memasuki tenda masing-masing sesuai dengan daftar yang telah ditentukan panitia dan mulai membenarkan tenda, menggelar tikar, menaruh barang, dll.

Kegiatan PTA dimulai dengan pembekalan materi pendidikan kepramukaan oleh guru dan kakak bantara, seperti kegiatan menaksir, tali temali dan semboyan. Kemudian dilanjutkan dengan ishoma.

Kegiatan selanjutnya yaitu pembekalan materi dari Ekskul Pasus. Baik materi fisik seperti latihan dasar baris-berbaris maupun tes mental. Kemudian, kegiatan dilanjutkan dengan sosialisasi dari OSIS yang diisi dengan pemberian amanat-amanat.

Lalu, dilanjutkan pembekalan materi dari Ekskul Bantara yang sepenuhnya adalah tes mental.
Pada kegiatan tes mental tersebut tidak sedikit yang sampai menangis ataupun hanya diam tidak bergeming. Namun, banyak juga yang berani menjawab ataupun melakukan yang ditanyakan atau diperintahkan oleh Kakak Bantara.

Kegiatan dilanjutkan dengan pertunjukkan api unggun dan pensi hingga pukul 23:00 WIB. Dalam acara pensi semua peserta wajib menonton pensi tersebut hingga selesai. Setelah pensi selesai, peserta langsung istirahat dan diharuskan memakai kaos tim.

Pukul 02:00 WIB, Minggu (18/10), para peserta dibangunkan untuk mengikuti renungan malam dan penerimaan tamu ambalan dengan mengucapkan trisatya. Lalu dilanjutkan dengan ritual penyiraman sebagai tanda resminya para peserta PTA telah diterima sebagai ambalan SMAN 1 Jepara.

Kegiatan dilanjutkan dengan ishoma lalu senam bersama di lapangan. Setelah selesai, kegiatan disambung dengan hiking dimulai dari pos semboyan, menaksir, pionering hingga LBB.

Para peserta yang sudah sampai di lapangan perkemahan diberi waktu untuk istirahat dan mempersiapkan bakti sosial untuk diberikan kepada tiap rumah penduduk yang ditumpangi dalam kegiatan MCK. Setelah itu, peserta dan panitia segera berkemas dan membersihkan seluruh sampah di lapangan disambung dengan upacara penutupan.

Kemudian, para peserta kembali ke sekolah dengan truk yang ditumpanginya kemarin. Di sepanjang perjalanan banyak yang tertidur atau malah menikmati pemandangan hutan karet di sepanjang perjalanan. (OCT)

Diam, Tertawa, Dan Menangis di PTA
Scroll to top