Road to Gekaes XIX : Tapak Suci Kembali Meriahkan Parade Ekstrakurikuler Gekaes XIX

Anggota tapak suci SMAN 1 Jepara.

Anggota tapak suci SMAN 1 Jepara.

Rabu (16/09), Tapak Suci mengadakan latihan rutin sekaligus latihan parade ekstrakurikuler untuk menyambut Pensi Gekaes XIX di halaman SMAN 1 Jepara. Latihan diikuti oleh anggota tapak suci kelas 10 dan kelas 11.

Latihan dimulai pada pukul 15.30 WIB sampai dengan 17.00 WIB. Sebelum masuk pada gerakan inti, latihan diawali dengan pemanasan, peregangan, dan pendinginan. Pada latihan rutin, setiap anggota diwajibkan menguasai 8 gerakan dasar yang meliputi gerakan katak, bunga mawar, ikan terbang, rajawali, naga, merpati, harimau, dan lembu jantan.

Latihan rutin tapak suci yang dilaksanakan di halaman SMAN 1 Jepara, Rabu (16/09).

Latihan rutin tapak suci yang dilaksanakan di halaman SMAN 1 Jepara, Rabu (16/09).

Cabang olahraga tapak suci ini terdiri dari 3 level, yaitu siswa yang ditandai dengan sabuk kuning, kader ditandai dengan sabuk biru, dan pendekar yang ditandai dengan sabuk hitam. Pada masing-masing sabuk terdapat lambang bunga melati yang merupakan lambang jenjang tingkatan yang didapatkan melalui Ujian Kenaikan Tingkat (UKT). Jenjang tingkatan tertinggi dilambangkan dengan 4 melati.

Tidak hanya diajarkan kekuatan fisik, namun anggota juga diajarkan kekuatan mental. “Latihan tidak hanya di dalam ruangan saja, tapi juga di luar ruangan, agar anggota tidak jenuh dan untuk membentuk mental.” Tutur Abdul Haris selaku pembina tapak suci.

Disamping itu, tapak suci juga tengah mempersiapkan gerakan semi berpasangan senjata untuk memeriahkan parade ekstrakurikuler yang diperagakan oleh Aditya (XI Bahasa) dan Rizki (XI Bahasa).

“Tidak terlalu sulit mengajarkan tapak suci, sekalipun anak-anak belum pernah mengikuti cabang olahraga ini.” Tutur Abdul Haris. (JA/FA)

Author: Redaksi

Pers SmansaraDotCom

Share This Post On