KIR Smansara : Motivasi Dalam Menciptakan Karya

Tim KIR Smansara saat mengikuti Lomba Peneliti Belia di Semarang tahun 2014.

Tim KIR Smansara saat mengikuti Lomba Peneliti Belia di Semarang tahun 2014.

Karya Ilmiah Remaja (KIR) Smansara mengadakan pertemuan anggota di kelas XII MIA 5 sepulang sekolah pada Kamis (17/09).

Pertemuan dibuka dengan doa oleh Helmi dari kelas X MIA 2 selaku ketua KIR. Pertemuan kali ini membahas rencana KIR untuk membuat kaos.

Ibu Maria Yekiana, salah satu pembibing KIR IPA, menerangkan cara penulisan karya dengan singkat dan beberapa contoh karya dari anak IPA yang sudah dilombakan. Diantaranya mengolah biji durian menjadi penurun kolestrol. Karya tersebut mendapatkan juara 2 tingkat Jawa Tengah atas kerja keras alumni Smansara tahun 2012/2013. Ada juga buah penelitian dari satu tim KIR kelas XII yang melakukan penelitian petis dengan bahan ikan untuk mengetahui kandungan protein yang paling tinggi.

Sedangkan untuk contoh karya IPS, Ibu Puji Rahayu selaku salah satu pembimbing KIR IPS, memberikan motivasi dengan penelitian batik troso. Ditayangkan pula beberapa foto saat anggota KIR mengikuti lomba di Jakarta.

Anggota KIR disuruh untuk melihat yang berada di sekitar terlebih dulu ketika mencari objek. Karena, di dunia sekitar banyak yang bisa dijadikan bahan untuk sebuah penelitian.

Maju terus KIR Smansara! (CW)

Author: Redaksi

Pers SmansaraDotCom

Share This Post On