Tambah Pengetahuan Melalui Kompassara X

Penyerahan hadiah kepada perwakilan masing-masing sangga di Apel Penutupan kegiatan Kompassara X, Minggu (8/2) bertempat di Aula SMAN 1 Jepara.

Penyerahan hadiah kepada perwakilan masing-masing sangga di Apel Penutupan kegiatan Kompassara X, Minggu (8/2) bertempat di Aula SMAN 1 Jepara.

SMANSARA – Setelah memperingati HUT Ambalan ke-30, Bantara Angkatan 29 melaksanakan kegiatan berikutnya yaitu Kompetisi Antar Sangga dan Karana (Kompassara) yang ke-10. Kegiatan ini dilaksanakan pada Minggu (8/2) bertempat di SMAN 1 Jepara. Kompassara bertujuan untuk menambah solidaritas antar kakak kelas dan adik kelas, serta untuk menyeleksi peserta lomba Survival yang akan diadakan oleh Kwartib Cabang Jepara pada April nanti.

Kegiatan ini dimulai pada pukul 08.00 yang pada awalnya direncanakan pukul 07.00 dikarenakan hujan deras diawalin dengan Apel Pembukaan penyerahan tanda peserta yang diwakili oleh Ketua Angkatan 30. Kegiatan ini diikuti oleh 47 anggota Bantara Manggala Yuda Wira Yuda Pertiwi Angkatan 29 dan Calon Angkatan 30 yang terbagi masing-masing empat sangga putra dan putri. Seleksi ini akan dinilai berdasarkan kemampuan mereka.

Ada tujuh pos uji yaitu LBB (Latihan Baris Berbaris), PP (Pertolongan Pertama), Cerkas (Cerdas Tangkas), Dinamika Kelompok, Semboyan (Semaphore dan Morse), Simpul, dan Menaksir. Setiap pos akan diuji oleh beberapa alumni dan juga Bantara Angkatan 28. Masing-masing sangga harus mengisi pos yang kosong untuk menyelesaikannya. Seleksi ini dinilai secara individu. Para peserta sangat senang mengikuti kegiatan ini dari pagi hingga sore.

“Senang sekali, jadi bisa tambah pengetahuan, yang awalnya tidak tahu jadi tahu. Bisa ningkatin solidaritas juga sama kakak kelas,” ungkap Diana Nur Aulia Sari salah satu peserta Kompassara X.

Setelah selesai kegiatan, dilaksanakan Apel Penutupan yaitu pembagian hadiah pemenang juara satu hingga harapan satu dari tiap sangga serta juara umum. Sebelum pulang, para peserta dan juga panitia diberi pengumuman siapa yang lolos seleksi. Terdapat 18 siswa putra putri yang lolos untuk mengikuti Survival April nanti. (SJPA)

Author: Redaksi

Pers SmansaraDotCom

Share This Post On