Peserta Workshop Teater Dilatih di Pantai

Para pemula berlatih olah rasa di Teluk Awur Minggu (16/11) pagi

Para pemula berlatih olah rasa di Teluk Awur Minggu (16/11) pagi

Workshop Teater Biassukma yang diselenggarakan pada hari Sabtu (15/11) hingga Minggu (16/11) ditujukan agar para pemula teater lebih memahami pengetahuan dasar tentang teater. Dalam sambutan Kepala Sekolah SMAN 1 Jepara, Pak Udik Agus D W berharap generasi teater tetap mempertahankan eksistensi dan prestasi teater Biassukma.

Materi dasar teater terdiri dari beberapa bagian, diantaranya: seni peran dan keaktoran, pementasan (Manajemen, Naskah, Pemain, Kru Produksi), Lighting dan Setting, olah tubuh, olah rasa dan olah vokal, make up dan kostum.

Materi seni peran dan keaktoran yang disampaikan oleh Mas Oky pendidik SMK Islam. Mas Oky sudah sering tampil di pementasan TMII dan sudah beberapa kali beliau didaulat sebagai pemeran utama dibeberapa pementasan. Mas Oky tak segan membagikan ilmunya yang telah diterimanya selama dia masih duduk di Sekolah Menengah Pertama hingga perguruan tinggi.

Materi pementasan (Manajemen, Naskah, Pemain, Kru Produksi) yang disampaikan oleh Pak Udik Agus DW untuk memberi pemahaman dalam proses pementasan sebuah teater. Para peserta diajak untuk melanjutkan cerita dari sebuah konflik yang dibuat secara spontan dan mencari alur ceritanya. Diharapkan para peserta workshop bisa menjadi bagian dalam proses pementasan teater yang baik.

Materi Lighting dan Setting oleh mas Kustam. Mas Kustam adalah salah satu alumnus yang juga pernah melatih teater Biassukma. Kemarin malam Mas Kustam membagikan ilmunya kepada para pemula teater Biassukma.

Materi olah tubuh, olah rasa dan olah vokal oleh Mas Purbiyanto. Peserta diajak ke pantai untuk bisa menemukan kedamaian dan bisa mendapatkan konsentrasi yang lebih. Konsentrasi diperlukan dalam teater untuk dapat mendalami karakter dengan baik.

Materi make up dan kostum oleh Mbak Liasul. Mbak Liasul juga salah seorang alumnus yang pernah menjadi keluarga di teater Biassukma, kemarin Mbak Liasul juga membagikan ilmunya bagi para pemula teater Biassukma. (HED)

Author: Redaksi

Pers SmansaraDotCom

Share This Post On