Menulis Features Jadi Tolok Ukur Jurnalis Hebat

Madun Sanomae saat memberikan materi kepada jurnalis Smansara.com, Minggu (16/11)
Muhammadun Sanomae saat memberikan materi di Workshop Jurnalistik Smansara.com, Minggu (16/11)

Dalam rangka memeriahkan Ulang Tahun Pertama Smansara.com, Pengurus OSIS Seksi Bidang Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Iptek) mengadakan Workshop Jurnalistik Minggu (16/11) di Ruang Multimedia SMAN 1 Jepara. Workshop dihadiri oleh seluruh jurnalis Smansara.com dan perwakilan  ekstrakurikuler yang ada di sekolah setempat.

Workshop diisi oleh jurnalis senior dari Suara Muria, Muhammadun Sanomae. Ia mengajarkan berbagai hal yang perlu diterapkan agar berita menarik  pembaca, mulai dari tips menulis caption foto, pentingnya akurasi tulisan hingga membuat judul yang efisien. Selain itu, jurnalis yang pernah meliput Piala Dunia 2014 di Brazil ini juga memberikan trik melakukan wawancara yang baik.

Beberapa berita yang ditulis oleh jurnalis Smansara.com selama ini juga sempat diulas dan dikoreksi. Kang Dunne, panggilan akrabnya, juga memberikan materi features sebagai menulis berita tingkat lanjut.

“Tidak semua redaksi dapat menulis features dengan baik. Jika mampu (menulisnya dengan baik), sebenarnya ia telah memenangkan kompetisi dalam dunia jurnalistik,” ungkapnya.

Para peserta begitu antusias mengikuti workshop kali ini. Pembina Smansara.com Ninok Eyiz berharap usai workshop ini, jurnalis Smansara.com mampu meningkatkan kualitas tulisannya melalui tulisan-tulisan  features. (JA/SJPA/LOV)

Menulis Features Jadi Tolok Ukur Jurnalis Hebat
Scroll to top