Senangnya Jadi Guru PPL di Smansara

Sabtu (04/10), guru-guru PPL sedang sibuk dengan tugas mereka di ruang TRRC.
Sabtu (04/10), Guru-guru PPL sedang sibuk dengan tugas mereka di Ruang TRRC

Sabtu ini (4/10) adalah hari terakhir bagi 26 Guru PPL (Praktik Pengalaman Lapangan) dari Universitas PGRI Semarang mengajar di SMAN 1 Jepara. Mereka mulai mengajar sejak 11 Agustus dan direncanakan berakhir pada 11 Oktober 2014. Namun karena Kamis depan (9/10) Ujian Tengah Semester dimulai, jadwal penarikan menjadi dipercepat.

“Meskipun lelah tapi menyenangkan. Yang pasti mendapatkan pengalaman baru. Bekal Pramuka contohnya,” kata Kak Eko, salah seorang Guru PPL Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Guru-guru PPL ini mengajar sesuai bidang keilmuan yang mereka pelajari, yaitu Biologi, Pendidikan Kewarganegaraan, Matematika, Bahasa Jawa, Bahasa Inggris, Bahasa Indonesia dan Fisika.

Sebelum ditugaskan mengajar di SMAN 1 Jepara, mereka sebenarnya belum saling mengenal. Sampai akhirnya pihak universitas menentukan tempat tugas mengajar mereka.

“Pengalaman pertama bertemu murid-murid itu sedikit grogi. Tapi lama kelamaan biasa. Anak-anak di sini juga ramah, baik, dan pintar-pintar,” ucap Kak Hidayat, pengajar Biologi.

Mulai hari ini, mereka akan disibukkan dengan Laporan Praktik Pengalaman Lapangan selama kurang lebih 2 bulan mengajar. Sebelum meninggalkan SMAN 1 Jepara, mereka juga memiliki pesan-pesan untuk murid-murid.

“Terus kembangkan seni, akademik, jasmani dan rohani. Karena hal itu akan membuat sekolah lebih mudah mencapai tujuan dan menjadikan sekolah yang The First and The Best,” tutup Kak Ryan, guru pengajar Pendidikan Kewarganegaraan. (SJPA/YA)

Senangnya Jadi Guru PPL di Smansara
Scroll to top