Workshop Dan Launching Klub Fotografi

Peserta Workshop Fotografi "Human Interest" berfoto bersama

Peserta Workshop Fotografi “Human Interest” berfoto bersama

Pada kesempatan kali ini OSIS Smansara Mengadakan workshop fotografi dan launching perdana klub fotografi yang bernama Metafora (Media Kreasi Pecinta Fotografi Smansara). Menghadirkan 2 orang fotografer sebagai narasumber yaitu Wahyudi D. Hartanto dan  Doni Setiawan dari Semarang.

Acara dimulai pada pukul 08.00 WIB dan dibuka oleh Bapak Drs. Busri Ismail. Workshop fotografi kali ini mengangkat tema Human Interest. Apakah itu Human Interest? Human Interest adalah potret dari kehidupan manusia yang menggambarkan suasana atau mood dan menimbulkan simpati dari orang yang melihatnya.

Pada kesempatan kali ini Doni Setiawan memberikan tips dan trik dalam mengambil foto bertema Human Interest sebelum mengajak peserta untuk hunting foto ke Pasar Ratu Jepara.

Tips dan trik dalam foto Human Interest.

1. Lokasi

adalah hal wajib. Cari info tentang lokasi yang akan dituju. Aman atau tidak lokasinya.

2. Persiapan gear.

Jangan lupa membawa sdcard, baterai dan yang terpenting kamera!. Checklist barang bawaan yang perlu dibawa dan gadget apa saja yang dapat membantu memudahkan memotret.

3. Pendekatan dibagi menjadi 2. Pendekatan candid (sembunyi-sembunyi) dan Pendekatan langsung.

Pendekatan candid dilakukan dengan pahami budaya setempat, berhati-hati jika minim informasi tentang budaya setempat. Jika candidnya ketahuan hal pertama yang dilakukan adalah tersenyum dahulu kemudian meminta maaf. Pendekatan langsung. Bisa katakan halo dahulu atau jika subjek seorang pedagang beli saja barangnya.

4. Logistik.

jangan lupakan urusan perut. Otak akan sulit berpikir jika dalam keadaan lapar.

Salah satu narasumber, Wahyudi D Hartanto, sedang menyampaikan materi tentang Dasar-dasar Kamera DSLR

Salah satu narasumber, Wahyudi D Hartanto, sedang menyampaikan materi tentang Dasar-dasar Kamera DSLR

Tips dan trik dalam mengikuti lomba fotografi 

jangan melenceng dari tema. Agar mendapat foto yang istimewa banyak-banyak lah bereksperimen. Rajin-rajin memotret. Jika ada garis horizontal jangan sampai memotong kepala subjek yang akan difoto.

Dan diakhir sesi acara adalah pengumuman lomba hasil hunting foto para peserta. Berikut adalah para pemenang lomba fotografi Human Interest:

Juara favorite Thoriq. Juara 3 Irsyad. Juara 2 Dohan dan Juara 1 Evinola.

Acara ini ditutup dengan lahirnya klub fotografi metafora. Harapan Mas Yudi sapaan akrabnya dengan adanya metafora. Dapat dijadikan sebagai media pembelajaran bagi para pemula fotografer Smansara karena diatas langit masih ada langit jadi belajar tidak berhenti di sini saja.

Author: Redaksi

Pers SmansaraDotCom

Share This Post On