Gelar Workshop KTI, SMA N 1 Jepara Undang Sagasitas

Kak Zainal Sedang Memandu Workshop KTI (12/04)

        
  Jepara-SMA Negeri 1 Jepara gelar workshop karya tulis ilmiah (KTI) dengan mengundang Sagasitas dari Yogyakarta sebagai narasumber. Acara yang berlangsung pada tanggal 12 dan 13 April 2014 dan mengambil tempat di kelas X MIA 1 dibuka oleh Bapak Abdul Haris selaku pembina kesiswaan pada pukul 10.00.”Workshop berisi tentang persiapan OPSI dan pembuatan proposalnya, terus diskusi kelompok dan pada akhirnya buat proposal besok pagi. Harus jadi!” ujar Bu Yeki, salah satu pembimbing KIR SMA N 1 Jepara. Setelah resmi dibuka, langsung diputar video tentang OPSI (Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia) dan Intel ISEF (Intel Internasional Science and Engineering Fair). Setelah melihat tayangan tersebut, peserta workshop semakin semangat dalam mengikuti jalannya workshop.

Kak Sofi Sedang Memperagakan Yel-Yel “Aku Cinta Penelitian” Diikuti Semua Peserta Workshop

Acara yang dipandu oleh Kak Zainal semakin seru dengan tambahan yel-yel “Aku Cinta Penelitian” dari Kak Sofi. Sesi I ditutup pada pukul 12.00, bersamaan dengan makan siang peserta workshop.

Sesi II dimulai pukul 13.30. Sesi II diisi dengan cerita-cerita motivasi dan presentasi dari Kak Sofi, Kak Kris dan Kak Joyo.

Kak Sofi mendapat kesempatan pertama. Ia menceritakan tentang KIR bidang sosial dan ide-ide menarik yang ada didalamnya. Kemudian disusul oleh presentasi “Pemetaan Sungai Bedog Dengan Parameter Keanekaragaman Makro Invertebrata” oleh Kak Kris. Didalam presentasi tersebut, ia menceritakan suka-duka dalam membuat penelitian, pentingnya Log Book (buku yang berisi tentang catatan penelitian) dan seruan untuk tidak melakukan Plagiat. Kesempatan terakhir diisi oleh Kak Joyo. Ia memberikan motivasi dengan diselingi game yang berkaitan dengan fisika sehingga peserta workshop bersemangat.”Dalam penelitian, kita tidak boleh terkurung dalam satu paradigma” tambah mahasiswa jurusan teknik elektro UGM tersebut.

Di akhir sesi peserta workshop dibagi menjadi kelompok kecil sesuai dengan bidang penelitian dan melakukan diskusi sesuai bidangnya. Tak lupa peserta workshop juga diberi tugas yang harus dikumpulkan keesokan harinya. (Fer)

Author: Redaksi

Pers SmansaraDotCom

Share This Post On